MENGIDENTIFIKASI TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN

A. MENGIDENTIFIKASI TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN (Meliputi Teks Surat Lamaran Pekerjaan) 1. Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan Isi surat meliputi bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan dan hal-hal yang harus ada di dalam surat lamaran pekerjaan. Sistematika adalah klasifikasi atau penggolongan atas isi atau bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan. Isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan perihal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, tanda tangan, dan nama terang. Isi surat terdiri atas unsur nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, alamat, serta beberapa hal yang dilampirkan. 2. Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis Menyimpulkan adalah mengikhtisarkan (menetapkan, menyarikan pendapat, dan sebagainya) berdasarkan apa-apa yang diuraikan Menyimpulkan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan adalah mengikhtisarkan atau menetapkan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan berdasarkan identifikasi isi surat lamaran Pekerjaan. 3. Mengidentifikasi Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan Ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan dalam surat lamaran pekerjaan terkait dengan bahasa yang digunakan adalah sebagai Berikut. a. Bahasa surat adalah bahasa yang baik dan benar. b. Bahasa surat menggunakan kata-kata yang sopan. c. Bahasa surat berisi kata pengantar yang jelas, singkat, padat, informative, dan tepat sasaran. d. Bahasa surat tampak dari tulisan yang bersih, mudah dibaca, sesuai dengan kaidah ejaan.
e. Melengkapi bagian-bagian surat dengan norma bahasa surat (seperti penulisan unsur hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang). 4. Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan Berikut disajikan tips dalam membuat surat lamaran pekerjaan. 1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar. 2. Menulis dengan susunan format rapi. 3. Melengkapi data sesuai dengan keperluan. 4. Melampirkan surat pendukung seperti sertifikat pengalaman kerja.

Komentar

  1. Surabaya, 10 Januari 2021

    Perihal: Lamaran Pekerjaan

    Yth.
    HRD Manager PT Sedia Grup
    Jl. Raya Basuki Rahmat no 10 Surabaya

    Dengan Hormat,

    Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan di Harian surabaya 5 Januari 2021 dengan posisi Marketing, melalui surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan di PT Sedia Grup dengan posisi tersebut.

    Berikut biodata singkat saya:

    1.Nama: chanda Aprilia p
    2.Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 6 Februari 1996
    3.Jenis Kelamin: perempuan
    4.Alamat: Jln. Yani golf gunung sari Surabaya
    5.pendidikan terakhir: sekolah menengah kejuruan
    6.Email:candaapriliaaa@gmail.com
    7.Nomor HP: 082334000001

    Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, berbahasa Inggris aktif, siap bekerja sesuai target, dan dapat bekerja secara mandiri maupun tim. Saat ini, saya juga dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.

    Sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa dokumen pendukung lainnya:

    Daftar Riwayat Hidup
    1Fotokopi KTP
    2Fotokopi Ijazah
    3SKCK
    4Fotokopi Surat Pengalaman Kerja
    5Pas Foto ukuran 3 x 4
    Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya berharap mendapat kesempatan untuk wawancara supaya dapat menjelaskan lebih lengkap mengenai kemampuan yang saya miliki.

    Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

    Hormat saya,



    Chanda Aprilia p

    BalasHapus
  2. Perihal: Lamaran Kerja

    Yth.
    HRD Manager PT Modar Jaya Abadi Putra
    Jl. Malang Melintang No. 9, Bandung
    di tempat

    Dengan hormat,

    Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan untuk posisi pemasaran yang saya dapatkan di surat kabar Harian Pos edisi 10 Januari 2021, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai Staf Marketing di PT Modar Jaya Abadi Putra

    Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

    Nama : Ricky Ryan Ardianto
    Jenis kelamin : Laki-laki
    Tempat/tgl lahir : Kediri, 11 Maret 1992
    Alamat : Jl. Jelidro II No.32 Surabaya
    Pendidikan : S1 Manajemen
    Telepon/HP : 089676172109

    Saya berpengalaman di posisi Staf Marketing selama 3 tahun, memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang fasih, dan bisa bekerja secara mandiri maupun tim.

    Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

    Curriculum Vitae
    Foto ukuran 3 x 4
    Fotokopi KTP
    Daftar Riwayat Hidup
    Fotokopi Ijazah terakhir
    Fotokopi SKCK
    Fotokopi surat pengalaman kerja
    Sertifikat
    Besar harapan saya untuk dipanggil wawancara sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci mengenai potensi dan kemampuan yang dimiliki.

    Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.



    Hormat saya,


    Ricky Ryan Ardianto

    BalasHapus
  3. 20 desember 2020
    Kepada Yth,
    HRD hotel Mercure Grad Mirama surabaya
    di tempat
    Dengan Hormat,
    Merujuk pada informasi yang saya dapatkan di Harian Bisnis tertanggal 20 desember
    2020 terkait adanya lowongan pekerjaan di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya
    saya yang bertanda tangan di bawah ini :
    Nama :Muhammad Shohi Bukhory
    Tempat/Tgl Lahir
    : Surabaya 26
    desember 2003
    Pendidikan Terakhir : SMK
    Telp :0895335010681
    Bersama ini saya mengajukan permohonan kerja di hotel yang Bapak / Ibu pimpin
    untuk bergabung pada posisi sebagai Staff Housekeeping.
    Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas penting sebagai
    berikut :
    1. Daftar Riwayat Hidup.
    2. Fotokopy Ijazah Terakhir.
    3. Fotocopy Transkrip Nilai.
    4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk.
    5. Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
    6. Fotocopy Surat Keterangan Dokter yang telah dilegalisir Pejabat berwenang.
    7. Pas Foto 4X6 3 lembar.
    Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, saya sangat berharap dapat diikutkan
    dalam rangkaian proses seleksi lebih lanjut.
    Atas perhatian dan pertimbangan Bapak / Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.
    Hormat Saya,
    Muhammad Shohih Bukhory

    BalasHapus
  4. Surabaya, 13 september 2021

    Kepada Yth
    Bapak/Ibu Pimpinan
    Di Tempat

    Perihal : Lamaran Pekerjaan

    Dengan Hormat
    Sehubungan dengan informasi yang saya terima bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin membutuhkan tenaga kami. maka perkenankanlah saya yang beretanda tangan ini
    Nama : Adryan Putra Ramadhan
    Tempat & Tgl. Lahir : Surabaya, 01 November 2003
    Pendidikan : SMP
    Jurusan : -
    Telepon : 081554966540
    Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu. agar kiranya dapat diterima sebagai karyawan yang Bapak/Ibu pimpin.
    Sebagai bahan pertimbangan. maka bersama ini saya lampirkan
    Surat Lamaran
    KTP
    Ijazah
    Cv

    Demikian surat permohonan saya. semoga Bapak/Ibu berkenan saya menunggu kabar baik selanjutnya dan saya sampaikan terima kasih atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu.
    Hormat saya
    Adryan Putra Ramadhan.

    BalasHapus
  5. NAMA:MOHAMMAD AMIRUDIN
    KELAS:XII



    Hal : lamaran pekerjaan

    Kepada Yth.
    Bpk/Ibu Pimpinan
    PT. CDSI
    Jl. Arif Rahman Hakim Ruko 21 Blok. AA No. 5


    Dengan hormat,

    Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari surat kabar jawapos pada 5 Mei 2020, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai content creator di PT CDSI. Saya pria, 19 tahun, lulusan SMK Perhotelan

    Berikut data pribadi saya:

    Nama : Mohammad Amrudin
    Tempat/Tanggal Lahir: Tuban, 16-Juli-2002
    Pendidikan Terakhir: SMK
    Alamat: Pesapen III No 6B
    Telepon (HP): 088217141645
    Status: Lajang

    Saat ini, saya dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani. saya juga aktif berorganisasi, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup, serta siap bekerja secara mandiri maupun tim.

    Berikut dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan:

    1. Daftar Riwayat Hidup
    2. Fotokopi ijazah SMK dilegalisir
    4. Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
    5. Pas foto terbaru
    6. Fotokopi SKCK

    Demikianlah surat permohonan pekerjaan ini. Sekali lagi, besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  6. Jakarta, 12 Januari 2022

    Hal: lamaran pekerjaan

    Kepada
    HRD Manager PT Maju Mundur
    Jl. Batu Kali No. 66, Jakarta
    di tempat

    Dengan hormat,

    Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari media sosial Instagram PT Maju Mundur yang diunggah pada 11 Januari 2022 dengan posisi Content Creator, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan dengan posisi tersebut. Berikut data pribadi saya:

    Nama : Putri anjar fatmawati
    Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 1 Maret 2003
    Alamat : Jl menganti kramat gg 2 no 26b
    Pendidikan Terakhir : S1 Sastra Indonesia, Unpad
    Status : Belum Menikah
    Telepon: : 0895395124302
    Email : putrifatmawati342@gmail.com

    Saya adalah wanita yang aktif berorganisasi, memiliki keahlian edit video, tulisan, riset, dan memahami SEO. Saya juga dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim.

    Berikut dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan:

    Daftar Riwayat Hidup
    Fotokopi ijazah S1 dilegalisir
    Fotokopi KTP
    Fotokopi transkrip nilai
    Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
    Pas foto terbaru 3×4
    Fotokopi SKCK
    Demikianlah surat permohonan pekerjaan ini. Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara untuk menjelaskan secara detail potensi yang saya miliki. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDITASI DAN KONSENTRASI DALAM DUNIA TEATER DAN DRAMA

RESENSI

Materi Bahasa Indonesia BAB 4 : NOVEL