CAPRES (SAHERTIAN BMC)


AKTOR
1. IBU
2. PEREMPUAN MISTERIUS
3. JUMINTEN
4. BU KREDIT
5. DOSEN


PLOT I
***ketika pagi buta masih menyelimuti pnggiran kota ada seorang ibu tua sedang mencari bekas-bekas sampah untuk dipungut dan dijual lagi, tiba-tiba seorang perempuan cantik dan mempesona menghampiri. Ia tersenyum kepada sang ibu sambil duduk disebelahnya.
Prem Misterius : ibu tidak kenal saya? (dengan nada tegas dan meyakinkan)
ibu : sopo yo? (dengan nada penasaran)
Prem Misterius : bener ibu tidak kenal saya!
Ibu : bener nduk, ibu gak ngerti
Prem misterius : ini kartu nama saya?
Bapak : uala nduk… opo iki, wong ibu gak isok moco, sekolah ae biyen sampek kelas 2 SD.
Pria misterius : boleh saya duduk disini buk.
Ibu : Monggo sekecaaken . ono opo to nduk, ibuk isok bantu opo, ato sampeyan pengen gowo ibuk kepolisi, gara-gara mulung nang kene?
Prem Misterius : tidak buk! Saya bukan bermaksud begitu.
(diam sejenak) Bapak tidak mau mengikuti jejak mereka semua (bertanya kepada bapak)
Ibu : mengikuti jejak opo to nduk
Prem misterius : ya, mengikuti jejak mereka yang sudah berhasil itu?
Ibu : sopo?
Prem misterius : ya seperti orang-orang itu?
Ibu : maksute nduk
Prem misterius : ya mencalonkan diri sebagai presiden?
Ibu : tertawa dengan lepas sambil berkata “oala nduk, kowe sek waras khan, mosok potongan kayak ibu mau jadi capres?
Prem misterius : saya serius. Orang seperti ibu. Kalau mau, dengan gampang akan bisa merebut suara. Kan bapak bisa membawa suara rakyat, ketimbang mereka yang membawa suara parpol. Kalau Ibu setuju, serahkan semuanya kepada saya. Saya bisa atur segalanya, saya sudah punya jaringan yang kuat, tapi kalau berhasil jangan lupain saya. Bagaimana?!
Ibu : udahlah nduk…. Guyone ojok ketinggien, engkok lek lugur rasae loro.
Prem misterius : saya serius buk! Coba ibu pikirkan tawaran saya!
Ibu : (menggerutu) gembel seperti saya bisa tiba-tiba dicalonkan sebagai capres padahal sebelumnya saya tidak pernah berjuang untuk rakyat. Akibatnya, barisan pemimpin di negeri ini hanya kelas tempe.
Prem misterius : (memotong grutu sang ibu) bagaimana buk? Tinggal ibuk bilang iya saja, masalah yang lain itu urusan saya (dengan nada meyakinkan)
Ibu : (karena yakin orang itu profesional dan berpengalaman. Saya segera cari alasan untuk pergi. Sama sekali dia tidak menahan saya) wis to le, aku tak mulung sek, ibuk sek akeh kerjoan.
Prem misterius : pikirkan apa yang saya katakan tadi buk. Berundinglah dengan keluarga. (Sambil mengulurkan kartu nama lagi).
Ibu : opo maneh iki nduk, mau kan wis mari!
Prem misterius : ini alamat situs facebook saya buk
Ibu : pace-buuk…….
Prem misterius : bukan, ini facebook pak.
***kamipun bersalaman lagi. Lalu saya cepat-cepat pergi tanpa menoleh. Karena takut dibohongi dan juga tidak masuk akal buatku, seorang gembel akan mencalonkan capres, maka dari itu saya robek kartu nama tersebut, takut mengganggu jiwa saya.
PLOT II
***Sesampainya dirumah saya bercerita pada anak saya, karena kami digubuk hanya tinggal berdua, karena bapak sudah meninggal, ketika ada kerusuhan antar mahasiswa, ketika memulung dekat kampus.sang ibu ketika sampai dirumah termenung memikirkan perkataan wanita itu tadi.

Juminten : owalah buk, magrib-magrib wes bengong, koyok wong gedongan ae.
Ibu : jum, ibu mau ketemu ambek wong
Juminten : yaiyalah buk… mosok ketemu sama monyet.
Ibu : capek dech. Maksute ibu ketemu ambek wong sing nawari kerjo.
Juminten : ow…
Ibu : ow…. Ow…..
Juminten : pekerjaan opo to Buk, jadi ketua pemulung ya, atau…..jadi KPPSI ya (dengan nada penasaran)
Ibu : opo jum KPPSI
Juminten :ibu nggak gaul…., maksute Ketua Perserikatan Pemulung Seluruh Indonesia.
Ibu : nduk-nduk!!! onok-onok ae, bahasae wis niru-niru wong parpol
Juminten : yaiyalah buk, ben gaul gitu loh. hehehehehehehe
Ibu : ya…ya…!?
Jumintemn : trus gawean opo sing ditawarno nang ibu
Ibu : dadi presiden……!???
Juminten : dadi presiden? (dengan nada datar) presiden opo to buk?
Ibu : dadi presiden Indonesia lah nduk…..!!!
Juminten : (dengan nada kaget) opo buk……!!! Jadi presiden. ibu sek waras toh…. (sambil memegang dahi ibu)
Ibu : ya waras lah Jum
Juminten : terus wong iku ngomong opo ae buk?
ibu : yo.. dek’e ngomong lek jenengku isok didol kanggo dadi capres
Juminten : maksute isok didol opoi, awak dewe iki wong gak duwe lo bu, spp juminten ae sampek nunggak 4 bulan gak dibayar-bayar……
Ibu : yo sing sabar to Jum, ibu sek dorong onok duwek
Juminten : terus wong iku jaluk bayaran piro?
Ibu : dek’e gak jaluk bayaran……
Juminten : iyo ta? Saiki jaman opo to buk, gak mungkin gak jaluk bayaran….
Ibu : iyo buk, Cuma…….
Juminten : ikukan…. Onok cumae….
Ibu : entene ibu ngomong sek, ojok ngrocos tok ae koyok bebek….
Juminten : hehehehehehehe
Ibu : Cuma dek’e ngomong, engkok lek ibu wes dadi presiden, dek’e ojok sampek dilalekno
Juminten : ngono tok, gampangeeee……!
Ibu : iyo!
Juminten : terus ibuk yo opo?
Ibu : isok to nduk potongan koyok ibu dadi presiden. Aku isok opo kecuali ceramah dodol omong kosong? Koyok wong gendeng!
Juminten : opone sing gak mungkin buk!!!. saiki iku jaman wis edan, opo mane iki Indonesia buk
Ibu : maksute Jum
Juminten : yo sampeyan maju terus to buk….
Ibu : opone sing maju Jum
Ibu : mbuh….mbuh. kesel ngomong bek sampeyan (sambil bergegas kebelakang)

PLOT III
*** pagi hari, ketika saya keluar dari kamar kecil. Tiba-tiba Juminten menyapa dengan nada menggoda.
Juminten : selamat pagi Bu Presiden
Ibu : presiden opo to nduk, ojok ngledek ibu yo
Juminten : kenapa ngeledek.
Ibu : mosok ibuk koyok ngene dadi presiden.
Juminten : loh kenapa nggak.
Ibu : ibu wes tua nduk, liat nih, uban wes tumbuh nangdi-nangdi (sambil menunjukkan kepalanya). Sopo sing milih
Juminten : makane ibuk saiki cepet-cepet tuku cat rambut . ben, engkok lekwes dadi presiden gak usah pakek konde terus koyok bu Mega. (sambil meniirukan pidato Mantan Presiden Megawati mengambil pijakan kaki untuk altar)
“ EHM….. PARA MENTRI DAN PARA DEWAN YANG TERHORMAT, KARENA HARGA DUNIA TIDAK STABIL MAKA DARI ITU PEMERINTAH MAU TIDAK MAU HARUS MENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK MENAIKKAN HARGA BBM.
Pokoknya selamat buk. Juminten dukung!
Bapak : kamu tuh lek ngomong ojok nglantur
Juminten : udahlah buk, Juminten mandi sek
Bapak : awakmu during ados ta nduk, pantesan ae ket mau mambo opo!
Bovie : he7x (ketawa sambil makan pisang goreng), yawdah buk aku tak mandi sek, pokoknya ibuk maju terus, SEMANGAT…………! (sambil bergegas ke kamar mandi)
*** saya jadi keki, Juminten pasti sudah salah tangkap ceritanya. Dia pikir saya berambisi jadi presiden. setelah hendak berangkat untuk mulung, saya terkejut para tetangga memandang saya dengan mata lain, ada yang sudah lama jadi musuh, tiba-tiba menyapa dan tukang kredit yang biasanya super galak ketika saya telat bayar cicilan, tiba-tiba sangat ramah.

Ibu : ketoe tukang kredit tuh, pasti de’e mrene pengen nagih utang, tak ngumpet sek ae,aku kan gak duwe duek kanggo bayar (akhirnya ibu ngumpet dibawah kolong meja)
Tukang kredit : assalamualaikum (sambil tolah-toleh)
: assalamualaikum pak 2x
Juminten : wealaikumsalam (keluar dari dalam rumah), oh….bu Salem (bu kredit)
Bu kredit : ibu mu onok ta Jum
Ibu : (sambil tolah-toleh) sek tasan nang kene,kok wes gak onok, mange onok opo bu salem (kredit)
Bu kredit : ndak kok Jum, saya Cuma mau ngasih bingkisan sama ibu, tapi karena ibu gak ada y owes tak gowo maneh.
Ibu : aku onok 2x (keluar dari bawah kolong meja dengan tiba-tiba)
Juminten : lapo bapak nang ngesor, koyok arek cilik ae
Bu kredit : ibu ini ada-ada saja, masak main petak umpet dibawah kolong meja.
Ibu : bapak jokok gedang goreng mau logor….
Juminten : lagian gedang goreng wes logor sek di jokok ae.
Ibu : maap bu Salem, kulo dereng enten duwek kanggo bayar.
Bu Kredit : oh ndak to bu Jum, saya kesini bukan mau nagih, tapi mau ngasih bingkisan, kemaren waktu jalan-jalan ke Tunjungan Plaza, eh ingat sampeyan.
Ibu : oya bu Salem, matur nuwon sing katah.
Bu kredit : kalau sampeyan butuh apa-apa ato Juminten butuh beli barang, gak apa-apa sampeyan bilang sama saya.
Bapak : maksute sampeyan (sambil bertanya)
Tukang kredit : saya sudah tau kok buk. Pokok saya dukung (sambil meninggalkan ibu dan juminten yang sedang bengong keheranan apa maksud dari perkataan bu kredit barusan).

**Keesokan hari, ketika ibu siap-siap berangkat memulung, tiba-tiba Bu RT datang.

Bu RT : (langsung menyambar tanganku), saya bangga sama ibu., siapa bilang katak tidak bisa jadi lembu, semua itu tergantung dari perjuangan. Saya mewakili suara rakyat mendukung ibu dengan suara bulat.
Ibu : tapi…………. (saya tak mampu membantah)
Bu RT : sudah dulu ya buk. Pokoknya maju terus pantang mundur. Semangat…….(sambil mengepalkan tangan dan pergi tanpa berpamitan dulu).
Ibu : opone sing mundur, wong maju ae sek durung. Wes 2x (keheranan dan menggerutu)
: Jum…Jum….Jum…….. (dengan nada teriak)
Juminten : onok opo sich buk, pagi-pagi kok wes teriak-teriak. (keluar dari belakang)
Ibu : awakmu cekoki opo wong-wong iku,tonggo-tonggo sing biyen jahat, kok saiki apik, Bu RT sing gak pernah nang omah, saiki nang omah, terus tukang kredit sing biasane ngejar-ngejar ibu moro-moro dadi apik, terus ibu dike’I bingkisan. Awakmu cerito opo ae nang wong-wong iku.
Juminten : ya Jum ngomong kalo ibu mau nyapes.
Ibu : tapi Jum…..!!! iku kabe impian kosong sing cepet-cepet dibuak, lek nggak wong-wong iku engkok sing mateni keluargane awak dewe (dengan nada tinggi)
Juminten : terserah buk, lek sampeyan luwe seneng keluarga kita dadi pemulung, jalanono opo sing kareppe sampeyan apik, kan ibu engkok sing nglakone, duduk Jum, duduk tonggo-tonggo, gak usah ibu pikirno Jum, lek ibu wes mrasa cukup, y owes gak usah lapo-lapo maneh, gak dadi capres yo tetep isok mangan, tetep orip. Kita sudah ditinggal bapak buk…. Kita hidup serba kekurangan. Sekarang, ibu belum jadi presiden semuanya jadi baek, apalagi kalau sudah jadi presiden. Udahlah buk, (dengan nada tinggi dan mata berkaca-kaca)
: Jadi bapak sekarang mau mundur (tanya Juminten kemudian dengan kecewa)
Bapak : yo opo ibu mu mundur nduk. Wong maju ae sek durung.
Juminten : itu artinya ibu menyerah sebelum kalah.
Bapak : duduk ngono duk, awakmu gak ngerti,
” Ibu durung dicalonno. Wong ibu misterius iku ngomong lek bapak mau dicalonno dadi capres
Juminten : dan mau menolak.
Bapak : ya!!!
Juminten : stupid!!!
Bapak : Jum, kok ngomong ngono awakmu nduk?
Juminten : sama sekali tidak buk! Tapi itu memang stupid. Siapa yang tidak mimpi jadi presiden sekarang. Tukang ojek yang biasanya mangkal didepan rumah, pasti dengan senang hati jadi presiden kalau diminta. Masak Ibu mau menolak. Apa Ibu mau membiarkan tukang ojek itu jadi presiden! kalau saya sich menolak keras.
Bapak : meski tukang ojek lek mampu, opo salae dadi presiden.
Juminten : jelas salah! (dengan nada membentak), kalau dia jadi presiden nanti siapa yang jadi tukang ojek. (saya terpaksa ketawa). Asal bapak tau, tadi dikampus, temen-temenku denger ibu mau nyapres, langsung mereka baik semua, bahkan ada yang rela memberikan HP-nya sama Jum (sambil mengeluarkan HP-nya), hanya ingin berteman dengan Juminten. Bahkan Dosen yang biasanya pelit ngasih nilai, tiba-tiba berubah total. Dan nilai Juminten jadi yang tertinggi.
Ibu : ibuk mu isok opo to nduk. Boso Inggris gak isok, mosok pakek boso Jowo…..?
Juminten : jadi presiden tidak usah pakek bahasa Inggris. Pak Harto 30 tahun jadi presiden tanpa bahasa Inggris, kita kan bangsa Indonesia yang cukup pakai bahasa Indonesia kalau memimpin.
Bapak : ibuk mu duduk pemimpin
Juminten : Alasan…!!! (dengan nada ngejek)
Ibu : tapi bapak mu gak bakat dadi presiden
Juminten : emangnya mau maen sinetron apa, harus pakek bakat. Udahlah pak, Juminten capek dengerin alasan ibu (Juminten pun masuk kedalam rumah)
*** para tetangga yang mendengar saya mau mengundurkan diri dari pencalonan dari presiden kemudian datang. Bahkan Dosen Juminten pun datang memberikan semangat supaya tidak mundur.
Dosen : selamat siang.
Ibu : Selamat siang, oh…. Bu Dosen?, monggo Bu (sambil mempersilahkan Dosen duduk dikursi yang ada disamping meja).
Dosen : denger-denger bapak mau mundur jadi presiden?
Ibu : bukan mundur bu, tapi……….
Dosen :iya buk.(memotong suara Ibu) Tapi kita tidak lagi bicara soal-soal pribadi. Pemimpin harus berpikir dan memakai perasaan tetapi tidak boleh tunduk pada rasa lagi. Ibu mesti rasional. Memang itu kejam. Tetapi keadaan yang kita hadapi ini sudah begitu rusaknya. Ibu sudah terpilih, mengapa mesti mundur?
Ibu : saya tidak mundur, semua itu belum terjadi, bagaimana saya bisa mundur.?
Dosen : makanya kalau saya boleh bicara. Jangan ditolak. Maju terus!!! bapak pikirkan lagi, (sambil menepuk punggung ibu), harapan kami sekarang ada ditangan ibu, saya pamit pulang buk
Ibu : (bengong), oya bu, maap sampek belum sempat ambil minum.
Dosen : oh tidak apa kok. Mari……….. (keluar)

***saya tidak bisa ngomong lagi, semua telinga mereka sudah tertutup. Mereka hanya mau mendengar apa yang mereka suka. Saya merasa berkewajiban untuk tidak menjebloskan mereka semua. Akhirnya memang kita harus memilih, meskipun berat, tapi apa salahnya membahagiakan anak, para tetangga, bahkan juga bupati dan wali kota yang menyempatkan diri menelepon saya supaya maju. Setelah berpikir panjang, akhirnya saya tidak bisa berbuat apa-apa, kecuali ambil resiko.
Ibu : Saya harus mencari kartu nama orang itu. (kebingungan mencari kartu telp pria misterius)
Juminten : golek opo buk, serius amat (sepulang dari kampus)
Bapak : (sambil garuk-garuk)
: ibu gole’i kartu nama Ibu misterius sing dorong sempet aku suwek (kebingungan)
Bovie : jadi ibu tidak jadi mundur nich….
Bapak : makane golekno cepetan.
Bovie : horeeee (dengan nada ceria), ya udah Juminten golekno


*** akhirnya Ibu dan Juminten pun mencari kartu nama yang satunya yang tidak sampai di robek.
Juminten : yang ini pak (sambil menunjukkan kartu nama yang telah ditemukan)
Ibu : iya yang ini (sambil mengambil kartu mana tersebut dari tangan ibu)!!!
Juminten : cepet-cepet telp. (kegirangan)
Ibu : ya, tapi bapak kan nggak punya telp.
Juminten : ni pakek punya Juminten, ada gunanya juga HP pemberian temen, (sambil mengambil HP dari sakunya dan diberikan kepada Ibu)
Ibu : yo opo mencete
Juminten : wah Ibu katrok, endi tak pencetno, nomore endi(diambilnya HP tersebut dari tangan sang ibu)
: ni buk nyambung
Ibu : Hallo (bisik saya deg-degan ketika nomor orang itu terjangkau)

*** beberapa lama menunggu, ketika hampir saja telepon mau saya tutup, terdengan jawaban dari sana

Prem misterius : ya hallo. Ini siapa?
Ibu : Hallo….”
Ibu Misterius : ya hallo,.. ini siapa ya?
Ibu : Hallo….hallo… hallo…

*** ceklek. Telepon dimatikan. Tapi saya masih mencoba sekali lagi untuk meyakinkan.

Ibu : Hallo…

*** tak ada jawaban. Sambungan telah putus. Tapi saya masih mengenali suara perempuan misterius itu. Itu dia orangnya).

Juminten : bagaimana buk

*** saya tidak menjawab? Saya tidak berani mengatakan bahwa saya sudah berhasil menghubungi perempuan misterius itu. Dan Juminten kesal dan berbalik)

Juminten : kalau takut ya sudah terserah, kan ibu sing nglakoni?

*** tidak lama kemudian, saya menghubungi kembali pria misterius itu.

Ibu : Hallo
Prem misterius : sialan, ini yang tadi
Ibu : tunggu, saya ibu yang pernah ditawari jadi presiden
Prem misterius : oh Ibu? Apa kabar bu?
ibu : apik bu, kapanane sampeyan ngomong, lek wes brubah pikiran, saya boleh menghubungi Anda?
Prem misterius : betul. Jadi bagaimana?
Ibu : enggeh. Kulo setuju dicalonno dadi Presiden!
Prem misterius : baiklah kalau begitu, tunggu kabar selanjutnya dari saya.

*** habis menelepon saya matikan Hp-nya seperti melepaskan semua harga diri saya. Tapi kemudian saya lega. Memang membuat keputusan penting tidak gampang. Saya sudah melakukannya. Dan sekarang menanggung risikonya. Ternyata tidak seburuk yang saya duga.

Juminten : yo opo buk, jarene wong iku?
Ibu : jarene (dengan nada penasaran, ibu dan bovie dengan nada deg-degan) ya. Ibu dicalonno dadi Presiden Indonesia.
Juminten : Horeeeeeeeeeeeeeee (dengan nada gembira, seolah-olah ibunya sudah jadi presiden, sehingga ruangan itu berantakan dengan kertas-kertas kecil yang diterbangkan)
*** ketika saya keluar rumah, para tetanggan datang menghampiri. Mereka tersenyum ramah. Banyak yang mengulurkan tangannya menyalami. Ketua RT bahkan dengan amat emosional mengguncangkan tangan dan berkata.
Bu RT : saya bangga, masih ada orang yang berpikiran waras, jujur dan berani. Saya bahagia, karena masih ada harapan. Ternyata masih ada orang yang berani menolak mengatakan TIDAK!


Pria misterius : dasar nggak tahu diri…… wong saya juga sama mau jadi presiden, tapi presidennya Pengemis…… he….he….he (gerutunya). (*).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDITASI DAN KONSENTRASI DALAM DUNIA TEATER DAN DRAMA

RESENSI

Materi Bahasa Indonesia BAB 4 : NOVEL